Memuat...

Minggu, 24 April 2011

Martabak Kubang Kalimalang


Sang Legenda Martabak Kubang HAYUDA

Kayaknya memang baru Martabak Kubang yang bisa dibilang kakeknya martabak khas Kubang yang ada di kawasan jakarta. Meski datangnya dari Kubang, sebuah kota di sebelah barat Payakumbuh dan kota Padang, tapi tak banyak orang yang mengenal jenis martabak yang menggunakan isi daging rendang khas ala Kubang ini. Biasanya orang pada tahun 70-an mengenal martabak khas dari India dan Bangka.


Tapi siapa sangka kebanyakan martabak khas Bangka (biasanya martabak manis) berawal dari populernya martabak Kubang di kota yang konon awal terkenalnya sebutan kota martabak. Martabak telor ala Bangka memang ditengarai terpengaruh dengan martabak khas ala Kubang, yang menggunakan isi daging rendang sapi.

video
Sebagai catatan tersendiri martabak Kubang yang didirikan oleh sepasang kakak beradik H. Yusri Darwis atau dikenal akrab dengan panggilan Hayuda dengan adiknya H. Aswir Darwis pada awal tahun 1970-an.

Mereka memulai merk Martabak Khas Kubang (Adapun nama Hayuda adalah nama yang kemudian diberikan setelah Yusri Darwis berangkat naik haji tentunya dan sesaat setelah adiknya membuka cabang rumah makan lainnya dengan nama Bofet Martabak Kubang) di Jl. Prof M. Yamin SH. No. 138 B Padang.
Dan kemudian memulai buka warung martabak yang pertama di Jakarta tepatnya bilangan daerah Tebet Jl. Raya Dr. Saharjo, Tebet - Jakarta Selatan.
Ketika pelanggan meningkat setiap tahunnya, maka pada awal 80-an Martabak Kubang Hayuda membuka cabang berikut di Jl. Raya Kalimalang No. 14B Jakarta Timur. Justru resto Martabak Kubang Kalimalang inilah yang memicu dibukanya banyak usaha rumah makan dan terbentuknya kawasan wisata kuliner sepanjang jalur jalan Kalimalang. Tak berapa lama cabang Bandung, tepatnya Cimahi pun dibuka.
Di cabang Kalimalang inilah Hayuda mengangkat seorang anak yatim, Yas Febrianda. Bocah kelahiran Kubang 15 Juni 1973 ketika kecil sudah terbiasa berdagang jualan martabak sewaktu usianya mencapai 15 tahun. Dimana sebelumnya Yas yang ikut tinggal dengan mamaknya (sebutan akrab untuk Hayuda) samapi kelas 1 SMP. Yas pun ikut Hayuda ke Jakarta di tahun 1990-an setelah sebelumnya tinggal di Solok tahun 1989.

Setelah setahun di Jakarta barulah Yas mulai aktif bekerja di Resto Martabak Kubang mulai dari jabatan paling rendah. Hingga ia menikah di tahun 1995 dan kini ia memiliki anak serta menjadi tangan kanan kepercayaan Hayuda untuk pengelolaan Resto martabak Kubang Kalimalang. Walaupun ia masih memiliki atasan, Uda Iwan.

"Saya belajar banyak dan mengerti artinya bagaimana mengelola usaha resto martabak Kubang," papar lelaki yang tetap akan setia sampai tua di resto yang pemiliknya telah mengangkat harkat martabat dirinya semenjak jadi yatim piatu ini. Yas yang sudah menjadi yatim di usia 5 tahun dan piatu di usia 8 tahun ini setidaknya bertanggung jawab terhadap keseluruhan makanan dan sajian yang ada di Resto Martabak Kubang.

video
Jadi bila ada yang hendak memesan makanan untuk acara pesta pernikahan atau pesta kantoran dan lainnya bisa menghubungi saya langsung, promosi Yas kepada Kelanakuliner. Uda Yas sendiri bisa dihubungi di nomor HP Simpati yang sudah 14 tahun dimilikinya 0812.93090.72.

Martabak Kubang pun mulai membuka di daerah Depok, tepatnya di Jl. Margonda Raya No. 23 Depok, kemudian terakhir buka di Raya Serpong Km. 8 No. 25 Serpong Tangerang. Kesemua cabang itu diatur di kantor pusatnya di Kalimalang. Meskipun cabang yang kedua, tapi gedungnya merupakan yang terbesar dan representatif untuk kantor pusat Jakarta.

Untuk pengembangan usaha dan kerjasama Martabak Kubang Anda bisa menghubungi Kelana Rizal di SMS no. 081.385.386.583 atau (021) 9346.1965 dan bisa juga dengan Uda Iwan 0811.910.582 atau dengan Elvi Agus 0812.9015.064. Yang terakhir ini adalah putri Hayuda yang kini bekerja di salah satu Kantor Bakrie Group Kuningan Jakarta Selatan.

Lalu apa istimewanya jenis martabak ala kota Kubang ini? Jenis martabak yang dijual di sini ada tiga jenis yakni martabak biasa, spesial atau super. Masing-masing harganya Rp 20 ribu, Rp 28 ribu dan Rp 35 ribu. Untuk rahasia bumbunya setidaknya Yas menceritakan bahwa ada 17 rempah dan 30 an campuran sayuran yang diperlukan untuk sebuah martabak khas Subang. Khusus untuk dagingnya dibuat dari rendang cincang. Rasanya... hmmmm seperti yang jadi komentar para anak-anak... Ini martabak terenak buat anak-anak. (Kayaknya nggak berlebihan kan kalo anak-anak yang berkomentar begicu)

Belum lagi ada sajian lainnya yang tak kalah lezat yakni Roti Cane. Roti Cane khas ala Martabak Kubang ini hanya dipatok Rp 12 ribu per buahnya mempunyai kulit yang mirip pastry roti Perancis. Kok bisa? Ternyata rahasianya adalah cara bantingan adonan roti Canenya. Sewaktu sang koki membanting adonan (dough) harus cepat dalam melipatnya hingga berbentuk lonjong telor.

Roti Cane akan nikmat sekali bila dinikmati dengan saus kecap atau bisa juga dengan kari kambing/ayam, yang dipatok Rp 25 ribu. Untuk Roti Cane dengan topping lainnya seperti Keju dan Duren kita hanya perlu merogoh kocek 30 ribu sampai dengan 40 ribu rupiah.

Saking terkenalnya Martabak Kubang maka banyak pula tokoh yang pernah menikam mati eh menikmati kelezatan martabak khas Kubang, seperti Agung Laksono, Akbar Tanjung. Bahkan presiden SBY dan mantan presiden BJ Habibie pun pernah mengunjungi resto legendaris ini.

Berapa besar sih omzet per hari dari resto Martabak Kubang ini? Sebagai gambaran betapa lakunya makanan ini di kalangan masyarakat kota Jakarta, catat saja omzet seharinya yang mencapai Rp 10 juta per hari untuk cabang Resto Martabak Kubang Tebet dan Rp 7 juta per hari untuk cabang Kalimalang.

Buat pemesanan Martabak Kubang melalui sistem Antar Pesan (Delivery) Anda bisa menghubungi telepon (021) 861.0306 atau 861.1861. Minimal pengiriman? minimal Rp 75.000 jauh 100.000,- se Jabodetabek.

Buat Anda yang hendak berkunjung, waktu bukanya adalah 7 hari kerja mulsi dari jam kerja 11.00 s/d 10.00 malam. Sedangkan kapasitas kursi sedikitnya ada 200-an kursi. Tapi untuk pemesanan tempat minimal 200 porsi datang ke lokasi (biasanya 500 porsi). Biasanya pemesanan (resrasi) untuk acara open house, pernikahan, acara buka puasa bersama, ulang tahun, acara keluarga seperti arisan, kantoran (presentasi MLM) dan lain-lain.

Sedangkan minuman istimewa yang disajikan di Resto Martabak Kubang adalah Es Tebak yang mempunyai aneka rasa seperti cengkeh, jahe serta cendolnya yang berwarna putih. Termasuk di dalamnya ada Es Campur khas ala Martabak Kubang yang terdiri dari kolangkaling, cincau, cendol tepung beras, roti, tape plus alpukat, nangka. Hmmm gimana ngebayanginnya ? Enak kan?

Wajar saja baik minuman maupun makanan kadang sengaja dibawa take away pelanggannya ke luar negeri seperti Australi, Inggris, China, dan juga Malaysia. Karena para pelanggan yang biasanya menggunakan pesawat terbang bisa menyimpan martabak Kubang hingga 2 hari awet tanpa berubah rasa dan tidak basi (apalagi busuk).

Lalu apa yang gratis di Resto Martabak Kubang? Kayaknya pelanggan perlu tahu bahwa teh tawarnya free, sewa tempat free, listrik free, (minimal 50 orang bebas pilih menu alacarte non prasmanan), sound system free, kecuali OHP maupun Infocus di samping fasilitas mushola bila ada yang ingin sholat pada waktunya. Yang jelas jangan berharap bisa mendapatkan tempat kosong di hari Sabtu atau Minggu terutama saat liburan.

Sajian baku yang dijajakan adalah Martabak , Es Tebak, Soto Padang dan Sate Padang dan Roti cane. Anda akan dilayani oleh kru Resto Martabak Kubang yang sedikit ada 17 orang (dari 90 orang di semua cabang) kasir 2 orang. Tak usah kuatir tentang pelayanan karena semua karyawan all round bisa jadi koki sekaligus waiter, cuci piring.

Sidik Rizal - kelanakuliner.co.cc

1 komentar:

Berita Martabak Kubang

Loading...

Pasang Iklan Anda di sini


BebekCabeIjo

Bebek X-tra Pedasnya Bikin Mulut Terbakar Saja

Warung makan yang bernuansa oranye dan hijau muda ini kini sudah buka cabang baru di kawasan Kalimalang dekat perapatan Pondok Jati, Jatiwaringin. Logo sederhana bertulisan hijau font Ravie "Bebek Cabe Ijo" memang begitu mencolok terpampang di plang nama di atas warung kecil berukuran tak lebih dari 5 x 4 meter persegi [...]
Tokiyaki Ai

Makanan Mungil Jepang Semungil Pengelolanya

Makanan khas Jepang memang tak ada habis-habisnya dalam hal jenis makanan lautnya. Baik yang dimakan mentah, digoreng hingga dipanggang atau dibakar. Meski ada resto besar makanan Jepang di Bekasi Square, ternyata ada juga sajian khas makanan laut hadir di Wisata Kuliner GOR Bekasi. [...]
Bebek Djingkrak

Bebeknya Bikin Jingkrak Kepedasan

"Beeehh...! Pertama kali makan bebek pedes ini, gue dikagetin sama sambel super pedasnya sampe gue jingkrak-jingkrak, hahaha...." teriak Rizal anakku kepada temannya via HP esianya saat habiskan sepiring Bebek Djingkrak [...]
Es Sarang Kuntilanak

Es Sarang Kuntilanak VS Es Pocong?

Es Pocong namanya. Biasanya kalangan mahasiswa di kampus-kampus wilayah Depok banyak yang mengenali minuman bermerk ini. Entah mengapa minuman segar dan nikmat ini menggunakan nama "seram" seperti Es Sarang Kuntilanak" (Es Sarkun) dan Es Pulo Hantu (Es Lohan). [...]
Bengkel Kuliner

Pujasera Syariah Pertama di dunia

BengkelKuliner buka peluang investasi dengan sistem jual putus Rahasia Bumbu dan Pelatihan Tenaga Ahli berkonsep Rest Area dgn investasi minimal Rp.200jt [...]
Cangkru'an VW

SegO RAKyat Vokoke Wareg

tempat ini choesoes oentoek tjangkroe’an toean poean njang siboek bekerdja zonder waktoe oentoek memasak agar soepaja toean poean tida’ spanneng bergaboenglah oentoek tjangkroek jang bermakna [...]
Bofet Kubang

Bofet Martabak Kubang

Menjelajahi dunia kuliner kayaknya nggak ada yang paling istimewa kecuali mendapatkan satu menu baru yang bukan saja bikin kita penasaran, tapi juga berpetualang dengan lidah menikmati makanan yang nggak pernah kita bayangkan sebelumnya namun masih masuk dibolehkan (halal lah buat yang muslim) serta menyehatkan [...]
Saung Apung

Rumah Makan Keluarga Saung Apung

Kini Anda bisa menikmati kelezatan selera masakan nusantara dan seafood di tengah-tengah 4 kota dengan suasana saung yang mengapung di atas air, hadir di Villa Nusa Indah [...]
NuansaLaut

Nikmatnya Kepiting Soka Super Jumbo

Bagi Anda penggemar masakan kepiting, sebaiknya menyempatkan diri untuk mencoba Kepiting Super Jumbo di Restoran Seafood Nuansa Laut yang terletak di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Jatiwaringin Raya No. A3 [...]
Serabi Hijau

Ada Keajaiban dalam Serabinya

Perjalanan kali ini menemui seorang pengusaha kelahiran Bekasi asli, yang bernama Toto Subiakto karena kecintaannya di bidang kuliner dan pencariannya terhadap jenis usaha apa yang cocok dengan dirinya dan keluarganya yang suka dengan makanan serabi [...]
Sangkuriang

Sop Gurame Kemangi Pedas vs Ikan Patin Bakar Omega 3

RM Sangkuriang sekali lagi diliput TransTV karena Sop Gurame Kemangi Pedas dan Ikan Bakar Patin Omega 3nya yang memang lain daripada yang biasanya [...]
Sangkuriang

Sop Gurame Kemangi Pedas vs Ikan Patin Bakar Omega 3

RM Sangkuriang sekali lagi diliput TransTV karena Sop Gurame Kemangi Pedas dan Ikan Bakar Patin Omega 3nya yang memang lain daripada yang biasanya [...]
FestivalKuliner

Festival Kuliner Galaxi Luber Pengunjung

Festival Kuliner Galaxi, Bekasi Selatan yang dilaksanakan di Jalan Raya Galaxy disesaki warga perumahan. Setidaknya 30 meja dagangan tertata di sepanjang jalan utama komplek perumahan yang punya landmark patung kuda ini. [...]
Bakso AG Komsen

Bakso AG Komsen dan Bakso 44 Komsen Konsisten dalam Rasa

Warung Bakso yang tetap konsisten mulai dari dibukanya tahun 1993 dengan tak berubah dalam rasa, sehingga pelanggannya kian hari kian bertambah. Mulai dari satu warung kecil kini sudah memiliki 2 warung besar [...]